Pemikiran Kyai Sahal Kajen yang Mendobrak

Pemikiran Kyai Sahal Kajen yang Mendobrak

Diposting pada 183 views

Pemikiran Kyai Sahal Kajen yang Mendobrak

Ciri orang besar yang dalam pemikirannya dan jauh visinya dalam membangun umat dan bangsa adalah lompatan-lompatan pemikiran yang mendobrak. Pemikiran yang kadang tidak bisa dipahami oleh mainstream sehingga menyebabkan polemik berkepanjangan, baik internal maupun eksternal.

KH. MA. Sahal Mahfudh adalah sosok pemikir dan aktivis sosial yang punya background keilmuan yang matang, baik fiqh, ushul fiqh, tasawuf, hadis, tafsir, nahwu-sharaf, kemasyarakatan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Bacaan yang luas, pergaulan lintas sektoral, kesucian spiritual, dan keberanian dalam menggerakkan perubahan positif konstruktif mendorong beliau menyampaikan pemikiran-pemikiran dinamis-transformatif untuk kemajuan umat dan bangsa.

Tujuan pemikiran ini tidak lain adalah menggugah kesadaran umat supaya berani menginisiasi perubahan kecil yang berdampak besar di masa depan. Umat harus cerdas, berdaya, mandiri, dan menjadi subyek-aktor pembangunan dan perubahan yang kreatif dan produktif.
Lompatan pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudh, khususnya di bidang fiqh, mendobrak stagnasi kajian fiqh di pesantren, komunitas Nahdlatul Ulama, dan masyarakat secara luas. Perdebatan, adu argumemtasi, dan dialektika pemikiran berjalan secara ilmiah yang asyik dan menggairahkan iklim akademis publik.

Dalam istilah Thomas Khun yang sering diintrodusir Prof. Amin Abdillah, ada ‘shifting paradigm’, pergeseran gugusan pemikiran publik yang digerakkan Kiai Sahal yang asalnya bertumpu kepada teks dengan pemahaman tekstual menuju teks dengan pemaknaan kontekstual progresif dalam rangka melahirkan kemaslahatan substansial.

Zakat produktif, pengembangan sumber daya manusia, demokrasi, kepemimpinan perempuan, pluralitas, fiqhul ikhtilaf, politik kekuasaan vs politik keumatan dan kebangsaan, dakwah transformatif, shalih akram, ijtihad jama’i, dan kemandirian ekonomi adalah beberapa pemikiran Kiai Sahal yang mendobrak kemapanan dan menggugah nalar kritis yang berorientasi pada problem solving.

KH. MA. Sahal Mahfudh melengkapi daya transformasi pemikiranya dengan terjun langsung di tengah masyarakat. Kerja-kerja teknis bersama tim yang solid dan profesional menjadikan pemikiran progresif KH. MA. Sahal Mahfudh membumi demi tegaknya keadilan ekonomi dan sosial umat. Inilah Islam rahmatan lil-‘alamin yang memperjuangkan keadilan, perdamaian, persatuan, kemajuan, dan kesejahteraan lahir dan batin. Beliau adalah pembaharu (reformer-mujaddid) fiqh Indonesia.

Demikian Pemikiran Kyai Sahal Kajen yang Mendobrak, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Rabu, 10 November 2021
Penulis: Dr. KH. Jamal Ma’mur Asmani, dosen IPMAFA Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.